Teknologi dan Pendidikan

socialmediatreePerkembangan teknologi informasi yang semakin pesat di era globaisasi saat ini tidak bisa dihindarkan lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Tuntutan global menuntut dunia pendidikan untuk selalu senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.

Memasuki era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sekarang ini sangat dirasakan kebutuhan dan pentingnya penggunaan TIK dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang diharapkan. Melalui TIK kita dapat meningkatkan mutu pendidikan, yaitu dengan cara membuka lebar-lebar terhadap akses ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam rangka penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan menyenangkan. Terutama penerapan high tech dan high touch approach. Sistem Tekonologi Informasi dan Komunikasi memberikan jangkauan yang luas, cepat, efektif, dan efisien terhadap pengemasan dan penyebarluasan informasi ke berbagai penjuru dunia.

Kecenderungan perubahan dan inovasi dalam dunia pendidikan akan terus terjadi dan berkembang dalam memasuki abad ke-21 sekarang ini. Perubahan tersebut antara lain : lebih mudah dalam mencari sumber belajar, lebih banyak pilihan untuk menggunakan dan memanfaatkan ICT (Information and Communications Technology), makin meningkatnya peran media dan multimedia dalam kegiatan pembelajaran, waktu belajar lebih fleksibel, penggunaan pembelajaran berbasis komputer, computer assisted instruction (CAI), penggunaan media televisi/video, mobile learning, e-learning, learning management system, kurikulum on-line, e-library, model belajar dengan sistem individual learning.

Kecenderuangan perubahan dan inovasi tersebut, memiliki implikasi yang sangat luas dalam dunia pendidikan, yaitu perubahan dalam program pembaruan dan teknologi pembelajaran, pengendalian belajar lebih kepada siswa, peningkatan IQ (intelegence quotient) yang diimbangi dengan pembinaan EQ (emotional quitent), dan SQ (spiritual quetiont), menuntut pengintegrasian TIK dalam kegiatan belajar.

212 total views, 1 views today

Muhammad Fathurrahman

Mau tau aja lu :P

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *